18 Juni 2024

Ziarah ke Maqbarah Hadratus Syaikh KH. Ali Wafa


Ambunten, ASWAJ News

Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Dusun Jungtorok Laok, Desa Ambunten Timur, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep rutin mengadakan ziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren ASWAJ yaitu Hadratus Syaikh KH. Ali Wafa.

“Rutin sudah dari dulu setiap hari raya Idhul Adha seluruh santri pondok pesantren ASWAJ ziarah ke makam keluarga besar pendiri Pondok Pesantren ASWAJ” ungkap Ustadzah Laylatur Ramdlana salah satu pengurus Pondok Pesantren Putri ASWAJ

Makam keluarga besar pendiri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah ini terletak di Desa Ambunten Timur, Kecamatan Ambunten. Jarak tempuh yang lumayan dekat dari pesantren sehingga tak jarang santri sering berziarah kesana dengan berjalan kaki.

Selasa (18/06/2024) sekitar pukul 07.30 para santri sudah bersiap-siap berbaris rapi memadati jalan menuju maqbarah Syaikh KH. Ali Wafa dengan dipandu oleh para pengurus pesantren.

“Kami para santri sangat senang jika berziarah ke makam keluarga besar Pondok Pesantren ASWAJ, karena hal ini sebagai bentuk tabarrukan sekaligus meminta berkah melalui washilah para ulama dan para Wali” tutur Ustadzah Sariwati.

Selain itu berziarah juga sebagai bentuk penghormatan kepada para pendiri Pondok Pesantren dan dengan berziarah sebagai bakti kami seorang murid kepada gurunya”.


Ziarah Kubur sesungguhnya adalah membangun dimensi horison, garis lurus yang menyambungkan ruang dan waktu. Ruang dan waktu yang terletak di masa lalu, direpresentasikan oleh para santri yang telah ‘menenggelamkan’ diri dalam spirit dan nilai yang dikembangkan oleh para Wali dan orang-orang Sholeh yang akan dibawa terus ke masa depan melalui aktivitas membangun peradaban seperti pendidikan atau gerakan sosial di masyarakat.

 

Pewarta : Kholisatul Jannah :)

0 Komentar:

Posting Komentar