Asrama PP. Aswaj Putra

Asrama PP. Aswaj Putri

Kaligrafi 1

Kaligrafi 2

Kaligrafi 3

Kaligrafi 4

22 Juni 2024

Pengembangan Bakat Siswa Melalui PENSI di YPP ASWAJ


Acara Pentas Seni (Pensi) Yayasan Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep diadakan dalam rangka perpisahan siswa kelas akhir pada Sabtu (22/06/2024) kemarin.

Dengan acara pensi ini bertujuan untuk mengembangkan bakat seni dan kreatifitas para siswa di lembaga Yayasan Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah.

Acara ini dihadiri oleh semua siswa, dewan guru dan juga wali murid yang ikut berpartisipasi dengan kompak untuk menyaksikan putra putrinya tampil pada acara pensi ini.

Berbagai penampilan yang meriah dan memukau tampil bergantian dari semua jenjang yang dipandu oleh saudari Holilatul Latifah dengan Melisa Nurwinda Itawati sebagai host pada acara pensi ini. Diantara penampilan-penampilan yang ditampilkan antara lain dance Arabic, tari kreasi nusantara, fashion show, karaoke, puisi, pembacaan do’a harian, sholawat hingga melantunkan surah-surah pendek dan masih banyak penampilan-penampilan lainnya yang tak kalah menghibur dan mengundang gemuruh suara tepuk tangan dari semua penonton.

Pada pukul 11.30 penampilan pentas seni selesai ditampilkan, acara berjalan dengan sukses dan lancar.

“Alhamdulillah acara pentas seni hari ini berjalan dengan lancar, semoga di acara imtihan besok juga berjalan dengan baik tanpa halangan apapun”. Jelas Ibu Mutmainnah salah satu pengajar di MI Nahdlatul Ulama.

20 Juni 2024

Semarak Karnaval di YPP ASWAJ Ambunten Sumenep

Karnaval di YPP ASWAJ adalah apresiasi busana yang semua pesertanya harus memakai pakaian unik dan berjalan mengikuti rute yang telah ditentukan, para siswa dari semua jenjang mulai dari KB, TK, MI, MTs dan MA maupun guru mengikuti acara ini dengan serentak. Tak terkecuali kalangan santri dan semua penuntut ilmu di lembaga Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep.

Pada Kamis 20 Juni 2024 kegiatan yang dikenal dengan sebutan karnaval ini dimulai sekitar pukul 14:00 WIB. diberangkatkan oleh Pimpinan Koramil Ambunten dengan start dan finish berada di halaman utama Madrasah Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah, rute acara ini adalah mengelilingi Dusun Jungtorok Laok Desa Ambunten Timur dan berakhir pada sekitar pukul 16:30 WIB.

Berbagai penampilan mengiringi kegiatan ini, seperti grub drumband Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Ambunten Sumenep, music tong-tong yang pemainnya tidak lain merupakan santri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep.

Selain kegiatan ini sebagai rangkaian dari Imtihan Yayasan Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah, kegiatan ini juga bertujuan menghibur dan mengembangkan kreatifitas dan bakat santri, hal ini terbukti dengan berbagai macam pakaian dan fashion yang digunakan oleh para siswa dan siswi diberbagai jenjang.

 Foto Documentasi











18 Juni 2024

Ziarah ke Maqbarah Hadratus Syaikh KH. Ali Wafa


Ambunten, ASWAJ News

Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Dusun Jungtorok Laok, Desa Ambunten Timur, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep rutin mengadakan ziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren ASWAJ yaitu Hadratus Syaikh KH. Ali Wafa.

“Rutin sudah dari dulu setiap hari raya Idhul Adha seluruh santri pondok pesantren ASWAJ ziarah ke makam keluarga besar pendiri Pondok Pesantren ASWAJ” ungkap Ustadzah Laylatur Ramdlana salah satu pengurus Pondok Pesantren Putri ASWAJ

Makam keluarga besar pendiri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah ini terletak di Desa Ambunten Timur, Kecamatan Ambunten. Jarak tempuh yang lumayan dekat dari pesantren sehingga tak jarang santri sering berziarah kesana dengan berjalan kaki.

Selasa (18/06/2024) sekitar pukul 07.30 para santri sudah bersiap-siap berbaris rapi memadati jalan menuju maqbarah Syaikh KH. Ali Wafa dengan dipandu oleh para pengurus pesantren.

“Kami para santri sangat senang jika berziarah ke makam keluarga besar Pondok Pesantren ASWAJ, karena hal ini sebagai bentuk tabarrukan sekaligus meminta berkah melalui washilah para ulama dan para Wali” tutur Ustadzah Sariwati.

Selain itu berziarah juga sebagai bentuk penghormatan kepada para pendiri Pondok Pesantren dan dengan berziarah sebagai bakti kami seorang murid kepada gurunya”.


Ziarah Kubur sesungguhnya adalah membangun dimensi horison, garis lurus yang menyambungkan ruang dan waktu. Ruang dan waktu yang terletak di masa lalu, direpresentasikan oleh para santri yang telah ‘menenggelamkan’ diri dalam spirit dan nilai yang dikembangkan oleh para Wali dan orang-orang Sholeh yang akan dibawa terus ke masa depan melalui aktivitas membangun peradaban seperti pendidikan atau gerakan sosial di masyarakat.

 

16 Juni 2024

PP ASWAJ Kembali Adakan Lomba Takbir Eid Adha 1445 H

 


Ahad 16/06/2024_Idzul Adha merupakan hari raya dalam agama Islam, hari memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Nabi Ismail sebagai wujud kepatuhan kepada Allah SWT. Sebelum Nabi Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantinya dengan domba. Untuk memperingati kejadian ini hewan ternak disembelih sebagai kurban setiap tahun.


Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep menggelar acara perlombaan Gema Takbir yang diadakan di depan dhalem selatan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas yang sudah diagendakan setiap tahunnya.

Selain kegiatan perlombaan ini sebagai perayaan hari raya Idzul Adha kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kekreatifan santri dalam hal keterampilan. Ustadzah Aisyatur Ridha menuturkan



“Kegiatan yang seperti ini sangat bermanfaat bagi santri selain sebagai sarana pengembangan bakat santri juga bisa meningkatkan kekreatifan pada diri santri” ucapnya

Agenda acara gema takbir eid adha tersebut yaitu sebagai berikut, acara dibuka oleh Ustadzah Rahmaniyah sebagai Master Of Ceremony acara yang kedua gema takbir oleh Pengurus Pondok Pesatren Putri Ahlussunnah Waljamaah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan tunggal oleh ketua pelaksana lomba yaitu Ustadzah Mar’atus Sholihah, penutup dan do’a oleh Ustadzah Noviyanti. Kemudian pembacaan kriteria lomba gema takbir oleh Yuliana, Acara selanjutnya lomba gema takbir yang dibawakan oleh Ustadzah Nor Faizah dan Ustadzah Khoirotun Nisa’.

Para santri sangat antusias dalam mengikuti perlombaan ini, Salah satu pengurus putri mengatakan

“Acara lomba takbiran ini begitu diminati oleh para santri sehingga mereka berlomba-lomba dalam mengikutinya” jelas Ustadzah Wafiatun Nafisah



Suara tepuk tangan yang meriah menjadi penambah semangat para peserta lomba pada malam ini, acara ini juga dihadiri oleh para dewan juri yaitu Ustad Tajuddin, Ustad Ali Ramdhan, dan Ustadz Kholisatul Jannah.

“Acara berjalan sesuai dengan harapan, tertib dan lancar, semoga tahun depan juga dapat terlaksana kembali” sambung Ustadzah Arfiyah.

Foto Dokumentasi