Asrama PP. Aswaj Putra

Asrama PP. Aswaj Putri

Kaligrafi 1

Kaligrafi 2

Kaligrafi 3

Kaligrafi 4

25 Februari 2024

Pembukaan Lomba Akhir Sanah ǀ Ponpes Aswaj Putra

 

Ahad (25/02/2024)_ Menjelang akhir tahun ajaran, Pondok Pesantren Putra Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep adakan perlombaan akhir sanah. Pembukaan lomba akhir sanah tersebut digelar setelah shalat isyak di halaman pondok putra.

Kegiatan yang sudah menjadi rutinitas tahunan Pondok Pesantren Aswaj ini guna mengevaluasi kemampuan santri serta meningkatkan bakat-bakat yang dimilikinya. Ustad Ainur Rovik selaku ketua panitia juga menambahkan terkait dengan tujuan perlombaan yang diadakan di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep.

Selain bisa menambahkan evaluasi kemampuan dan meningkatkan bakat-bakat santri perlombaan ini juga bisa menambahkan pengalaman, melatih percaya diri dan dapat meningkatkan daya saing antar santri.” Jelasnya.

Para santri begitu antusias menyambut sederetan perlombaan yang akan digelar hal ini dituturkan langsung oleh salah satu panitia lomba akhir sanah.

“Semua santri begitu senang menyambut perlombaan ini semangat yang berkobar menghiasi malam pembukaan lomba kali ini dan semoga acara ini berjalan lancar hingga penutupan nanti”. Ucap Ustad Moh Kholiq Fadholi.

 FOTO DOKUMENTASI


15 Februari 2024

Meriah Pembukaan Lomba Akhir Sanah PP ASWAJ Putri

 

Aswaj Putri_Pondok Pesantren Putri Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep sukses mengadakan pembukaan lomba akhirus sanah pada malam Jum’at (15/02/2024) yang bertempat di halaman pesantren putri.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep guna menggali potensi para santri untuk menuju prestasi yang gemilang. Pembukaan acara lomba ini diresmikan langsung oleh Ning Khodijatal Fayha.

Dalam pelaksanaannya panitia melakukan banyak persiapan dari jauh hari hal ini dituturkan oleh Ustadzah Kholilatul Latifah “Lomba ini sudah kami persiapkan dari jauh hari sebab acara ini memerlukan persiapan yang benar-benar matang agar lomba yang akan dilaksanakan nantinya berjalan dengan lancar.” jelasnya.

Acara dimulai pada pukul 20:00 semua santri memadati halaman pesantren untuk memeriahkan acara pembukaan lomba akhir sanah kali ini, tidak hanya itu beberapa perlombaan yang akan dilaksanakan akan lebih meriah dan menantang hal ini dikatakan oleh Melisa salah satu santri PP Aswaj Putri “Perlombaan akhir sanah ini memang sudah ditunggu-tunggu oleh semua santri karena kami bisa berlomba-lomba mengikutinya” ucap santri asal Ketapang-Sampang itu.

Begitupun santri baru, juga mengatakan hal yang sama terkait dengan perlombaan ini, Siti Karimah mengungkapkan “Ini pertama kalinya saya mengikuti perlombaan di pesantren, rasanya agak gugup tapi saya yakin dengan berusaha pasti bisa”. ucapnya.

FOTO DUKUMENTASI







Pewarta : Tim_MediaAswaj Official

10 Februari 2024

Rajabiyah 1445 PonPes Aswaj Ambunten

 Rajabiyah 

Kamis (08/02/2024), Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep mengadakan kegiatan Isra’ Mi’raj yang dikemas dengan tema “Rajabiyah the Night Journey Prophet Muhammad Saw” yang diselenggarakan di depan Dhalem Selatan.

    "Semarak kegiatan ini sangat berguna bagi para santri selain mendapatkan ilmu kami juga dapat menjalin kerjasama yang baik walaupun kegiatan ini masih pertama kali diadakan." ucap Ustadzah Siti Lu'luul Maknun selaku panitia acara.

Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang diadakan di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah, pada pukul 19:30 acara dimulai, kemeriahan malam rajabiyah tersebut melukis kebahagiaan dari semua santri, tabuhan rebana dari banjari putri yang dipimpin oleh saudari Nadia adalah rangkaian acara pertama pada malam ini, kemudian Ustad Moh Kholik Fadholi sebagai Master Of Ceremony, kali ini Ning Khodijatal Fayha membuka acara.


Disusul dengan inti acara pada malam rajabiyah ini yaitu tahlil bersama yang dipimpin langsung oleh Kh. Abdul Adzim Ali Hisyam, Selain memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw bertepatan pada bulan Rajab ini juga KH. Ali Hisyam wafat. Shalawat nabi menduduki barisan acara yang ke 3 yang dibawakan oleh Jam’iyah hadrah pondok putra dipimpin oleh saudara Abullaits Febriyanto.

Kemudian acara selanjutnya Mau’idzoh hasanah didawuhkan langsung oleh KH. Muh Unais Ali Hisyam yang semakin menambah gemerlapnya cahaya keilmuan pada malam ini. Beliau mengupas tentang makna Isra’ Mi’raj, yaitu sebagai berikut :

Isra’ Mi’raj berasal dari kata Mengingat/Peringatan, dalil atau ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan peringatan isra’ mi’raj yaitu :

فذكرهم باءيام لله

“Dan ingatkan mereka terhadap kejadian-kejadian yang Allah berikan nikmat kepada mereka”

            Isra’ Mi’raj adalah peristiwa yang luar biasa yang terjadi pada hari senin, beliau menyukai berpuasa pada hari senin, berikut ini 5 peristiwa luar biasa yang terjadi pada hari senin terkait dengan Rasulullah Saw yaitu :

1)      Lahirnya Rasulullah Saw (Maulid Nabi)

2)      Diangkatnya Rasulullah Saw menjadi utusan (Nuzulul Qur’an)

3)      Isra’ Mi’raj

4)      Hijrah (Tahun baru hijriyah)

5)      Wafatnya Rasulullah Saw

“Rasulullah Saw lahir dan wafat pada hari dan tanggal yang sama yaitu pada hari Senin 12 Rabiul Awal”

“Peristiwa pembelahan dada Rasulullah Saw terjadi 4x yaitu :

1.      Ketika Rasulullah Saw kecil berada di bani sa’diyah

2.      Ketika berumur 10 tahun

3.      Ketika Isra’ Mi’raj

4.      Ketika hijrah dari Makkah ke kota Madinah

“Seseorang yang membaca shalawat akan dikenal oleh Rasulullah Saw bukan hanya dirinya sendiri juga dengan orang tuanya dan barang siapa yang membaca shalawat pada hari atau malam jum’at ketika itu Rasulullah Saw melihatnya secara langsung”

“Semua perintah ibadah diperintahkan oleh Allah Swt kepada Rasulullah Saw pada saat beliau berada di bumi sedangkan perintah shalat diperoleh pada saat beliau berada di langit (Isra’ mi’raj)”

Beliau KH. Muh Unais Ali Hisyam juga memberikan amalan yang dibaca pada jum’at terakhir bulan Rajab, ijazah tersebut dari guru KH. Ali Wafa yaitu Sayyid Amin Al-Kutsbi .

احمد رسول الله محمد رسول الله 

Amalan ini dibaca diantara dua khutbah sebanyak 35x pada jum’at terakhir bulan rajab. faidahnya barang siapa yang membaca amalan tersebut maka, rezekinya akan lancar selama 1 tahun.

“Dan diantara dipermudahkannya rezeki seorang anak yaitu tidak durhaka kepada kedua orang tua”. 

 FOTO DOKUMENTASI




 Pewarta : Kholisatul jannah

01 Februari 2024

HATIMU BUKAN MATAMU

 


Aku jiwamu

Yang selalu berada dibayang mu

Aku dirimu

Yang selalu merasakan nafasmu

Aku tentangmu

Tentang apa yang ku alami

Dan

Aku tahu dimana arah matamu

Memandang hilangnya seseorang yang kau sayang

Yaitu DIRIKU SENDIRI

Yang pergi karna tak lagi BERARTI dihidupmu

Aku tahu semua itu,

Dari HATIMU bukan MATAMU


Karya: Siti Safinatul Maulidaniyah