Asrama PP. Aswaj Putra

Asrama PP. Aswaj Putri

Kaligrafi 1

Kaligrafi 2

Kaligrafi 3

Kaligrafi 4

30 Agustus 2024

"Kibarkan Bendera Indonesia" karya Santri PP ASWAJ Ambunten Sumenep


INI PENAKU

                                                By : @Alifia as Zahro

                                               @alfyazhrr

Benang darah  dan tulang yang menyatu

Kepak sayap memeluk sila indonesiaku

            Bisakah aku mengenangmu?

            Tanpa aku tahu tajamnya bambu runcingmu

Hanya lubang yang menjadi saksi bisu

Dengan bendera yang berkibar haru

 

18 Agustus 2024

Upacara HUT RI Ke-79 di PP ASWAJ Ambunten Sumenep

Sabtu, 17 Agustus 2024

Upacara dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-79 telah digelar di Halaman Pondok Pesantren Putra Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep, para siswa dan siswi dari semua jenjang mengikuti kegiatan tersebut MI, MTs, dan MA tak terkecuali para santri di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah.


Upacara tersebut dimulai pada pukul 07.00 dengan tanah seluas sekitar 500 M yang memuat kurang lebih sekitar 300 orang, semua dewan guru juga menghadiri upacara tersebut termasuk Bapak Fajar yang merupakan wakil kepala Madrasah Aliyah ASWAJ yang bertugas sebagai pembina upacara pada HUT RI ke-79 kali ini.

Upacara bendera yang bertepatan pada hari Sabtu ini dibuka oleh Alifia Az Zahroh sebagai protokol, kemudian disusul oleh Moh Iqbal sebagai pemimpin upacara, pengibaran bendera seng saka merah putih oleh pasukan paskibraka Pondok Pesantren ASWAJ yang dipimpin oleh Robi Al-farisi dan diiringi dengan lagu kebangsaan Republik Indonesia oleh Team Paduan Suara PP ASWAJ.

Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara, pembacaan teks UUD 1945 oleh Homalisa dan pembacaan do’a oleh Moh Fauzan.

Kegiatan tersebut tidak selesai sampai disitu, disusul dengan penerimaan hadiah terbaik MOSBA 2024 dan pemenang lomba agustusan yang telah diselenggarakan kemarin, hal ini sesuai dengan perkataan Ustad Wahyu Nurul Hidayat saat diwawancarai oleh Tim Media Aswaj Official kemarin (Sabtu,17/08/2024).

“Memang sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya setelah upacara selesai digelar, selanjutnya langsung diadakan pembagian hadiah MOSBA dan pemenang lomba agustusan dalam hal ini pengasuh beserta pengurus pondok yang berperan langsung dalam memberikan hadiahnya” jelas salah satu pengurus pondok pesantren putra tersebut.

 FOTO DOKUMENTASI









17 Agustus 2024

Kemeriahan Perlombaan Memperingati HUT RI KE-79 PP ASWAJ Ambunten Sumenep

Lomba Memperingati Hari Kemerdekaan RI

Semarak lomba memperingati hari kemerdekaan memang sudah menjadi momentum yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang khususnya oleh para kaum muda, tak terkecuali para santri di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep sejak diumumkannya acara perlombaan tersebut semua santri begitu antusias untuk mengikutinya. Hal ini sudah terlihat dari semangat dan kegigihan dalam berlatih untuk memenangkan perlombaan tersebut, Ustadzah Uswatun Hasanah yang merupakan salah satu panitia perlombaan tersebut menerangkan bahwa :

“Perlombaan yang seperti ini yang sangat dinanti-nanti dan diminati oleh para santri, selain dapat membangun kerjasama yang baik para santri juga pasti bersemangat dalam berlatih untuk mengikuti perlombaan ini” tuturnya.

Kemudian perlombaan yang telah diresmikan oleh panitia pada rapat kemarin antara lain : lomba estafet sarung, make up tertutup, estafet gelas dengan menggunakan balon, makan kerupuk, estafet air, bola volly dan estafet permen. Dalam kegiatan ini para santri sangat bersemangat dalam mengikutinya baik santri putra maupun putri, seperti perkataan dari saudari Naurel Atiyatul Afifah pada saat diwawancarai oleh Tim Media_AswajOfficial kemarin:

“Sebagai santri saya sangat senang dengan diadakannya perlombaan ini, bukan karena kami ingin bersaing dan menjadi juara tetapi, berani tampil keren itu luar biasa sedang juara  hanya sebagai bonusnya”. Jelasnya.

Perlombaan dalam memperingati kemerdekaan RI ke-79 dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2024 s/d 16 Agustus 2024 yang bertempat di depan musholla putra (Santri Putri) dan halaman pondok putra (Santri Putra).




14 Agustus 2024

Masa Orientasi Santri Baru PP ASWAJ 2024

 MOSBA 2024

“Cerdas, Berakhlak dan Berkualitas”



Masa Orientasi Santri Baru Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep kembali digelar pada Senin tanggal 12 Agustus 2024 s/d 13 Agustus 2024, kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari tersebut berjalan dengan lancar dan tertib.

Pada hari pertama para santri baru berkumpul di Mushollah Putra, kegiatan ini diawali dengan pembukaan MOSBA yaitu dengan serentetan acara sebagai berikut :

Acara dibuka oleh Ustadzah Arfiyah sebagai pembawa acara pada pagi ini, selanjutnya sholawat nabi yang dibawakan oleh Jam’iyah Hadrah Al-Fatih (PP ASWAJ), kemudian acara ketiga pencerahan oleh yang mulia Syaikhona KH Moh Unais Ali Hisyam sebelum itu beliau mempersilahkan santri baru untuk memperkenalkan nama beserta alamatnya, hal itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi santri.

“Saya sebagai santri baru sangat senang bisa ditanyakan langsung oleh beliau nama beserta alamat saya karena hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami santrinya”. Ucap Sifaun Nufus salah satu anggota MOSBA 2024.

Dalam dawuhnya penulis mencatat beberapa penjelasan mengenai Thalabul Ilmi yaitu :

                                “Akhlak lebih tinggi dari pada ilmu sebab, ilmu tidak akan berguna tanpa adanya akhlak, seperti sabda Rasulullah SAW : ilmu itu diibaratkan garam (lauk) sedangkan akhlak adalah nasinya”.

“Sedangkan yang membedakan manusia dengan hewan adalah ilmu dan akhlak”

“Seseorang tidak bisa menjadi nabi dan rasul akan tetapi bisa untuk menjadi pewaris para nabi (Ulama)”.

“Salah satu bentuk barokah adalah ketika pulang dari pesantren tetap melakukan kebiasaan yang ada dipesantren seperti berjamaah, membaca rotibul haddad dst”

“Dosa seperti payung yang menolak hujan, jadi jika seseorang melakukan perbuatan dosa maka akan menjadi penghalang terhadap sampainya rezeki kepadanya”.

Beliau juga memberikan amalan kepada santri untuk menjadi cerdas dan mempercepat dalam menghafal yaitu membaca

يا بديع   86

يا رحمن   100

Dibaca setelah selesai sholat 5 waktu secara istiqomah minimal dalam jangka waktu 2 tahun”.

 

Kemudian acara selanjutnya Napak Tilas yang disampaikan oleh Ustad Fajar, beliau menyampaikan asal mula sejarah mengenai berdirinya Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep, beliau juga merupakan alumni PP ASWAJ yang tentunya sudah berpengalaman dan lebih mengetahui tentang sejarah pesantren. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh ketua pondok pesantren putra (Ustad Tajuddin) dan ketua pondok pesantren putri, pembacaan tatib dibacakan oleh Ustad Moh. Fauzan dan Ustadzah Laylatur Ramdlana, sedangkan acara yang terakhir penutup dan do’a yang disampaikan oleh Ustad Wahyu Nurul Hidayat.

Selasa, 13 Agustus 2024 anggota dan panitia MOSBA sudah bersiap untuk berziarah ke maqbaroh Hadratus Syaikh KH. Ali Wafa pendiri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep, kegiatan ini memang sudah diagendakan setiap acara MOSBA untuk mengenalkan kepada santri baru para sesepuh guru pendiri Pondok Pesantren ASWAJ. Seperti keterangan dari Ustad Tajuddin yang merupakan ketua Pondok Pesantren Putra ASWAJ.

“Setiap acara MOSBA dilaksanakan memang sudah diagendakan untuk melakukan ziarah ke maqbaroh pendiri pondok pesantren, hal ini bertujuan untuk mengenalkan santri kepada pendiri dan sesepuh pengasuh PP ASWAJ” Ucap ustad Tajuddin asal Sepudi itu.


Dilanjut setelah sholat dzuhur outbon atau game ala santri, diantaranya disini panitia MOSBA menyiapkan beberapa game mulai dari estafet gelas dengan balon, makan kerupuk, lomba bola air, lomba yel-yel antar kelompok. Semua peserta MOSBA terlihat begitu semangat dan saling bekerjasama dalam tim untuk memenangkan game ini.

“Mereka begitu bersemangat dalam mengikuti game ini, hal itu terlihat jelas pada kemeriahan dan juga kekompakan mereka semua”. Tutur Ustadzah Siti Lu’luul maknun

Kemudian setelah outbon selesai acara MOSBA 2024 ini ditutup dengan saling bersalam-salaman kepada panitia acara.

 

11 Juli 2024

Ujian Semester Genap MDT ASWAJ Ambunten Sumenep TA. 2023/2024

 Ambunten, 04 Juli 2024

Telah terlaksananya ujian semester genap Madrasah Diniyah Takmiliyah Ahlussunnah Waljamaah (MDT ASWAJ) Ambunten Sumenep dengan tertib. Setelah masa pembelajaran usai, semua santri baik santriwan dan santriwati wajib mengikuti ujian semester guna mengetahui sejauh mana pemahaman dan kemampuan belajar santri.

Seperti ujian pada umumnya para santri akan memperoleh peringkat melaui nilai ujian maupun nilai kesehariannya dikelas serta mendapatkan apresiasi dari pesantren berupa penghargaan. Tidak hanya itu Ny. Hj. Shofiyah Zubaidi selaku Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep memberikan hadiah kepada para santri yang berprestasi terutama untuk santri yang memperoleh peringkat pertama akan digratiskan SPP dan Kost selama 2 bulan hal itu tentunya juga menambah semangat santri dalam meraih juara. Hal ini sesuai dengan perkataan Ustadzah Raudhatul Hasanah yang merupakan sekbid bendahara di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah.

“Sebagai penambah semangat belajar para santri ibu Ny. Hj. Shofiyah Zubaidi memberikan hadiah kepada santri yang berprestasi berupa gratis SPP dan Kost selama 2 bulan hal yang demikian ini membuat para santri berlomba-lomba dalam meraih juara”. tuturnya

Ujian semester ini dimulai pada tanggal 04 Juli 2024 s/d 10 Juli 2024 yang bertempat di kelas masing-masing dan diawasi langsung oleh Asatidz/Asatidzah MDT ASWAJ.

FOTO DOKUMENTASI 






22 Juni 2024

Pengembangan Bakat Siswa Melalui PENSI di YPP ASWAJ


Acara Pentas Seni (Pensi) Yayasan Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep diadakan dalam rangka perpisahan siswa kelas akhir pada Sabtu (22/06/2024) kemarin.

Dengan acara pensi ini bertujuan untuk mengembangkan bakat seni dan kreatifitas para siswa di lembaga Yayasan Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah.

Acara ini dihadiri oleh semua siswa, dewan guru dan juga wali murid yang ikut berpartisipasi dengan kompak untuk menyaksikan putra putrinya tampil pada acara pensi ini.

Berbagai penampilan yang meriah dan memukau tampil bergantian dari semua jenjang yang dipandu oleh saudari Holilatul Latifah dengan Melisa Nurwinda Itawati sebagai host pada acara pensi ini. Diantara penampilan-penampilan yang ditampilkan antara lain dance Arabic, tari kreasi nusantara, fashion show, karaoke, puisi, pembacaan do’a harian, sholawat hingga melantunkan surah-surah pendek dan masih banyak penampilan-penampilan lainnya yang tak kalah menghibur dan mengundang gemuruh suara tepuk tangan dari semua penonton.

Pada pukul 11.30 penampilan pentas seni selesai ditampilkan, acara berjalan dengan sukses dan lancar.

“Alhamdulillah acara pentas seni hari ini berjalan dengan lancar, semoga di acara imtihan besok juga berjalan dengan baik tanpa halangan apapun”. Jelas Ibu Mutmainnah salah satu pengajar di MI Nahdlatul Ulama.

20 Juni 2024

Semarak Karnaval di YPP ASWAJ Ambunten Sumenep

Karnaval di YPP ASWAJ adalah apresiasi busana yang semua pesertanya harus memakai pakaian unik dan berjalan mengikuti rute yang telah ditentukan, para siswa dari semua jenjang mulai dari KB, TK, MI, MTs dan MA maupun guru mengikuti acara ini dengan serentak. Tak terkecuali kalangan santri dan semua penuntut ilmu di lembaga Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep.

Pada Kamis 20 Juni 2024 kegiatan yang dikenal dengan sebutan karnaval ini dimulai sekitar pukul 14:00 WIB. diberangkatkan oleh Pimpinan Koramil Ambunten dengan start dan finish berada di halaman utama Madrasah Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah, rute acara ini adalah mengelilingi Dusun Jungtorok Laok Desa Ambunten Timur dan berakhir pada sekitar pukul 16:30 WIB.

Berbagai penampilan mengiringi kegiatan ini, seperti grub drumband Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Ambunten Sumenep, music tong-tong yang pemainnya tidak lain merupakan santri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep.

Selain kegiatan ini sebagai rangkaian dari Imtihan Yayasan Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah, kegiatan ini juga bertujuan menghibur dan mengembangkan kreatifitas dan bakat santri, hal ini terbukti dengan berbagai macam pakaian dan fashion yang digunakan oleh para siswa dan siswi diberbagai jenjang.

 Foto Documentasi











18 Juni 2024

Ziarah ke Maqbarah Hadratus Syaikh KH. Ali Wafa


Ambunten, ASWAJ News

Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Dusun Jungtorok Laok, Desa Ambunten Timur, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep rutin mengadakan ziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren ASWAJ yaitu Hadratus Syaikh KH. Ali Wafa.

“Rutin sudah dari dulu setiap hari raya Idhul Adha seluruh santri pondok pesantren ASWAJ ziarah ke makam keluarga besar pendiri Pondok Pesantren ASWAJ” ungkap Ustadzah Laylatur Ramdlana salah satu pengurus Pondok Pesantren Putri ASWAJ

Makam keluarga besar pendiri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah ini terletak di Desa Ambunten Timur, Kecamatan Ambunten. Jarak tempuh yang lumayan dekat dari pesantren sehingga tak jarang santri sering berziarah kesana dengan berjalan kaki.

Selasa (18/06/2024) sekitar pukul 07.30 para santri sudah bersiap-siap berbaris rapi memadati jalan menuju maqbarah Syaikh KH. Ali Wafa dengan dipandu oleh para pengurus pesantren.

“Kami para santri sangat senang jika berziarah ke makam keluarga besar Pondok Pesantren ASWAJ, karena hal ini sebagai bentuk tabarrukan sekaligus meminta berkah melalui washilah para ulama dan para Wali” tutur Ustadzah Sariwati.

Selain itu berziarah juga sebagai bentuk penghormatan kepada para pendiri Pondok Pesantren dan dengan berziarah sebagai bakti kami seorang murid kepada gurunya”.


Ziarah Kubur sesungguhnya adalah membangun dimensi horison, garis lurus yang menyambungkan ruang dan waktu. Ruang dan waktu yang terletak di masa lalu, direpresentasikan oleh para santri yang telah ‘menenggelamkan’ diri dalam spirit dan nilai yang dikembangkan oleh para Wali dan orang-orang Sholeh yang akan dibawa terus ke masa depan melalui aktivitas membangun peradaban seperti pendidikan atau gerakan sosial di masyarakat.

 

16 Juni 2024

PP ASWAJ Kembali Adakan Lomba Takbir Eid Adha 1445 H

 


Ahad 16/06/2024_Idzul Adha merupakan hari raya dalam agama Islam, hari memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Nabi Ismail sebagai wujud kepatuhan kepada Allah SWT. Sebelum Nabi Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantinya dengan domba. Untuk memperingati kejadian ini hewan ternak disembelih sebagai kurban setiap tahun.


Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep menggelar acara perlombaan Gema Takbir yang diadakan di depan dhalem selatan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas yang sudah diagendakan setiap tahunnya.

Selain kegiatan perlombaan ini sebagai perayaan hari raya Idzul Adha kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kekreatifan santri dalam hal keterampilan. Ustadzah Aisyatur Ridha menuturkan



“Kegiatan yang seperti ini sangat bermanfaat bagi santri selain sebagai sarana pengembangan bakat santri juga bisa meningkatkan kekreatifan pada diri santri” ucapnya

Agenda acara gema takbir eid adha tersebut yaitu sebagai berikut, acara dibuka oleh Ustadzah Rahmaniyah sebagai Master Of Ceremony acara yang kedua gema takbir oleh Pengurus Pondok Pesatren Putri Ahlussunnah Waljamaah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan tunggal oleh ketua pelaksana lomba yaitu Ustadzah Mar’atus Sholihah, penutup dan do’a oleh Ustadzah Noviyanti. Kemudian pembacaan kriteria lomba gema takbir oleh Yuliana, Acara selanjutnya lomba gema takbir yang dibawakan oleh Ustadzah Nor Faizah dan Ustadzah Khoirotun Nisa’.

Para santri sangat antusias dalam mengikuti perlombaan ini, Salah satu pengurus putri mengatakan

“Acara lomba takbiran ini begitu diminati oleh para santri sehingga mereka berlomba-lomba dalam mengikutinya” jelas Ustadzah Wafiatun Nafisah



Suara tepuk tangan yang meriah menjadi penambah semangat para peserta lomba pada malam ini, acara ini juga dihadiri oleh para dewan juri yaitu Ustad Tajuddin, Ustad Ali Ramdhan, dan Ustadz Kholisatul Jannah.

“Acara berjalan sesuai dengan harapan, tertib dan lancar, semoga tahun depan juga dapat terlaksana kembali” sambung Ustadzah Arfiyah.

Foto Dokumentasi