Asrama PP. Aswaj Putra

Asrama PP. Aswaj Putri

Kaligrafi 1

Kaligrafi 2

Kaligrafi 3

Kaligrafi 4

27 Agustus 2023

Upacara Bendera HUT RI ke 78 PP. ASWAJ Ambunten Sumenep

Ambunten, 17 Agustus 2023


Tepat pada hari Kamis Taggal 17 Agustus 2023 Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-78.

Upacara berlangsung tepat pada pukul 07.00 yang dihadiri oleh Ketua Yayasan Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah yaitu KH. Muh Unais Ali Hisyam, kemudian para masyaikh PP. ASWAJ yaitu Ny. Hj Shofiyah Zubaidi, Ning Khodijatal Fayha Unais, Ning Mas Muzayyanah Basyaiban beserta para dewan guru dari tingkat MI, MTS, maupun MA Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep.

Dalam upacara HUT  RI Ke 78 ini KH. Muh Unais Ali Hisyam selaku Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep sebagai inspektur upacara dan pembaca Teks Pancasila.

Upacara diawali dengan laporan komandan upacara yaitu saudara Moh Kholik Fadholi kepada inspektur upacara, dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Paskibraka yang dipimpin oleh saudara Abulaits Febrianto diiringi oleh lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh Team Paduan Suara Madrasah Aliyah Ahlussunnah Waljamaah.

Selanjutnya mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang yang di pimpin oleh inspektur upacara, kemudian pembacaan teks UUD 1945 oleh saudari Kholilatul Latifah dan di tutup dengan pembacaan doa yang di bacakan oleh saudari Zakiyah Belkis Suhaidi.

Kemudian setelah upacara selesai di lanjutkan dengan agenda foto bersama para masyaikh PP. ASWAJ dan pembagian hadiah terbaik Mosba Angkatan 2023 yang di serahkan langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah, tak lupa pula dengan pembagian hadiah pemenang lomba Agustusan 2023 yang diberikan oleh para ustad/ustadzah Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep.

FOTO DOKUMENTASI










25 Agustus 2023

Meriah! Lomba 17 Agustusan Ala Santri_PP ASWAJ Ambunten Sumenep

Ambunten_Menjelang hari ulang tahun RI yang ke 78, aneka ria perlombaan bersemarak didalamnya demi merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Walaupun agenda perlombaan sudah berlangsung setiap tahunnya namun, tak banyak masyarakat Indonesia yang tahu asal mula perayaan 17 Agustus tersebut.

Hampir di setiap daerah, perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dirayakan dengan berbagai macam perlombaan. Perlombaan tersebut diantaranya panjat pinang, makan kerupuk, tarik tambang, balap karung dan lain sebagainya.Bukan hanya sekedar lomba, panitia perlombaan tersebut juga menyiapkan hadiah untuk para pemenangnya.

Begitu pula di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep telah mengadakan perlombaan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 78 tiga hari sebelum hari-H. Semarak perlombaan yang telah dilaksanakan dari tanggal 13 Agustus 2023 s/d 16 Agustus 2023 tidak membuat para sanri merasa letih karena padatnya kegiatan di pesantren, menurut saudari Faizatul Maulidia mengatakan bahwa perlombaan tersebut semakin membuat semangat yang dimiliki para santri tetap berkobar.

 "Saya begitu senang dengan mengikuti perlombaan HUT RI ke 78 ini, sampai lelah yang saya rasakan hilang seketika karena, saking semangatnya" ucapnya pada wawancara kemarin (13/08/2023).

Perlombaan perayaan HUT RI ke 78 tersebut dimulai pada pukul 14.00 bertempat di halaman pondok putra (Putra) dan di depan dhalem selatan (Putri), berikut ini beberapa prlombaan yang diadakan :

Putra :

1. Tarik tambang

2. Memindahkan air dengan sarung

3. Cantol topi

4. Mencari koin dalam tepung

5. Estafet kartu

6. Futsal

Putri :

1. Rangking

2. Estafet kelereng

3. Estafet tepung

4. Mencari bola dalam kotak

5. Lari malaikat

6. Tebak kata

FOTO DOKUMENTASI







Pewarta : Tim_Media@swajOfficial

18 Agustus 2023

MOSBA 2023 (Masa Orientasi Santri Baru) PP. ASWAJ Ambunten Sumenep

Masa Orientasi Santri Baru atau disingkat dengan MOSBA merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan pada setiap lembaga yang bertujuan untuk sarana perkenalan antara santri dengan lingkungan barunya di pesantren, selain itu MOSBA juga digunakan sebagai wahana untuk melatih kedisiplinan, ketahanan mental dan mempererat tali persaudaraan.

Pada tahun 2023 Masa Orientasi Santri Baru (MOSBA) di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep masih tetap terlaksanakan, kegiatan yang sudah resmi diadakan sejak 2018 lalu semakin memiliki peningkatan, diantaranya dari segi peserta yang setiap tahunnya semakin bertambah dengan jumlah 70 peserta dari putra maupun putri.

Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep menyelenggarakan agenda tahunan MOSBA, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 10 Agustus 2023 s/d 12 Agustus 2023.

Pada hari Kamis kemarin (10/08/2023) kegiatan MOSBA dimulai dengan apel pembukaan acara yang dipimpin oleh ketua panitia yaitu Ustad Arif Ramdani pada pukul 07.15, kemudian pada pukul 07.45 dilanjutkan dengan serentetan acara yang dihadiri oleh dewan Asatidz/Asatidzah MDT ASWAJ beserta segenap kepala madrasah dari tingkat KB, TK, MI, MTs dan juga MA, tak lupa pembacaan tata tertib Pondok Pesantren juga dibacakan oleh sekretaris Pondok. Memasuki inti kegiatan pada hari pertama yaitu Pencerahan yang didawuhkan langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah yaitu KH. Muh Unais Ali Hisyam, didalam dawuhnya penulis mencatat beberapa poin diantaranya :

العلم نور

" Ilmu adalah cahaya "

    Ilmu adalah konsumsi dari ruh (jiwa), sedangkan ruh bersifat cahaya maka ia hanya memakan cahaya. Kesimpulannya bahwa ketika kita ingin menghidupkan ruh (jiwa) maka harus diisi dengan memperbanyak ilmu, karena ilmu adalah cahaya dan jika ruh (jiwa) tidak diisi dengan ilmu maka matilah ruh (jiwa) tersebut.

    Sedangkan jasad manusia berasal dari debu (تراب ) bukan dari pasir (رمل), oleh karena itu karena jasad manusia berasal dari tanah maka hanya memakan yang berasal dari tanah atau yang berasal dari bumi.

    Beliau juga menyampaikan niat utama dalam mencari ilmu, yaitu :

1. Mendapat ridha Allah SWT

2. Menghilangkan kebodohan

العلم بالتّعلّم والبركة بالخدمة

" Ilmu diperoleh dengan belajar dan barokah diperoleh dengan melayani guru "

    Kemudian acara dilanjutkan pada jam 14.00 di aula madrasah Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah, Ustad Maswedi sebagai pemateri pada siang ini mengisi tentang Pendidikan Karakter 

Beberapa poin yang penulis catat yaitu sebagai berikut :

  • Pendidikan adalah pembelajaran, sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pendidikan adalah proses perubahan sikap.
  • Karakter yang harus ditanamkan oleh seorang santri yaitu :
  1. Santri harus berakhlakul karimah
  2. Santri harus saling menghargai satu sama lain
  3. Menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, pepatah mengatakan bahwa sayangilah dia yang ada di bumi, maka yang ada di langit akan menyayangimu.

  •  Karakter pencari ilmu  
  1. Jiwa penuntut ilmu (santri) harus kuat 
  2. Menjadi santri harus merasa kurang dalam mencari ilmu

  3. Mempunyai nilai kerjasama yang baik (saling mendukung)
  4. Santri konstruktif (maju) dalam berfikirnya 
  5. Memperbanyak belajar dan jangan tinggalkan diskusi
  6.  Suka memberi
  7. Ciptakan karakter yang baik kepada diri sendiri
  8. Harus berjiwa besar
  9. Harus mandiri
  10. الوقت كالسّيف

    " Waktu bagaikan pedang "

    Jika waktumu tidak kau gunakan sebaik-baiknya maka pedanglah yang akan menggores dirimu

  11.  Mengurus keperluannya sendiri
  12.  Santri adalah kesederhanaan
  13.  ■ Jum'at, 11 Agustus 2023

    Agenda hari Jum'at (11/08/2023) yaitu Ziaroh ke Maqbarah Pendiri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep yaitu KH. Ali Wafa Muharror, pada pukul 07.30 apel pagi dimulai kemudian para santri berbaris rapi berjalan mengikuti trotoar dengan didampingi oleh para pengurus putra maupun putri.

    Sesampainya di maqbarah pendiri PP ASWAJ para santri membaca surah Yaasin dan tahlil yang dipimpin oleh Ustad Tajuddin. Setelah mentari sudah terasa menyengat dan tubuhpun sudah berkeringat cukup menemani perjalan para santri untuk kembali ke Pesantren, kegiatan hari inipun ditutup dengan apel siang.

    ■ Sabtu, 12 Agustus 2023

    Semangat hari ini mendampingi hiruk pikuk peserta MOSBA, hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan kegiatan MOSBA 2023, suara yel-yel terdengar ramai di depan Dhalem Selatan kemudian pada pukul 07.30 para peserta MOSBA mendengarkan Tausiah Kepesantrenan yang didawuhkan langsung oleh NY. HJ. Zainab Ali Hisyam, didalam penyampaian beliau penulis merangkum beberapa poin.

  • Syarat mencari ilmu
  •  الا لا تنال العلم الا بستّة # سأنبيك عن مجموعها ببيان

    Ingatlah, kamu tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan eman perkara, akan saya jelaskan semuanya dengan terperinci.

    ذكاء وحرص واصطبار وبلغة # وارشاد أستاذ وطول زمان

    Yaitu : kecerdasan, kemauan (rakus akan ilmu), sabar, biaya (pengorbanan materi/ waktu), petunjuk (bimbingan) guru, dan dalam tempo waktu yang lama.

    ⃝ Kebahagiaan yang sangat luar biasa yang tidak bisa dirasakan kecuali menjadi santri yaitu :

    1. Liburan pesantren

    2. Boyong

    Beliau juga menceritan kisah-kisah seorang santri yang mendapatkan barokah dengan mengabdi kepada guru. kemudian dilanjut pada pukul 14.00 Outbon antara lain : lomba estafet manyun, lomba tahan tawa dan lomba bola air.

     FOTO DOKUMENTASI MOSBA 2023