03 Juni 2023

Kemeriahan Orda Ipsas Ekstern di Acara Walimatul Urs di Desa Soddara Kecamatan Pasongsongan

Kamis, 31/06/2023_Orda Ikatan Pelajar Santri Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep yang lebih dikenal dengan ORDA IPSAS ini kembali menampilkan bakatnya di Desa Soddara Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep.

Kali ini Orda Ipsas tampil dalam acara Walimatul Urs di kediaman saudari Nurul Fakhotus Sa'adah yang merupakan alumni Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep.

Kegiatan Ekstern (diluar) ini bukan lagi merupakan kegiatan perdana bagi organisasi daerah karena, kegiatan ini sudah berlangsung sejak organisasi daerah didirikan. Kegiatan ekstern (diluar) pondok pesantren meliputi Walimatul Urs, Walimatul Hajj, Walimatul Khitan dan acara walimah yang lainnya.

Tepat pukul 19:00 pm pra acara dimulai yang dipasrahkan kepada Al-Banjari Al-Fatih Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep. 

Kemudian dilanjutkan oleh Master Of Ceremony oleh saudari Jisiye sebagai pemimpin roda acara sekaligus membacakan serangkaian acara sebagai berikut :

Acara yang pertama yaitu Pembukaan yang dibuka oleh Ustad Sudarisno Pratama

Selanjutnya Pembacaan Kalam ilahi oleh Ustad Hosis beserta Sari Tilawahnya oleh saudari Siti Naila Sari

Acara yang ke empat Shalawat Nabi yang dibawakan oleh Jam'iyah Hadrah Al-Fatih

Menaiki tangga acara yang ke lima yaitu Sambutan yang disampaikan oleh Ustad Suryadi (Wakil Ketua Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah)

Kemudian dilanjutkan dengan acara Inti yaitu Mau'idzoh Hasanah sekaligus Penutup dan Do'a yang di dawuhkan langsung oleh KH. Muh Unais Ali Hisyam (Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep)

Dalam isi penyampaian Mau'idzoh Hasanah penulis merangkum beberapa dawuh dari beliau yaitu :

Beliau menjelaskan tentang pahala yang dilipat gandakan ketika menikah yaitu :

"Setiap melaksanakan sesuatu yang bernilai ibadah maka pahala orang yang sudah menikah itu dilipat gandakan hingga 70× lipat"

Hal ini pernah dikisahkan oleh seorang ulama' dahulu yaitu Imam Hambali yang istrinya meninggal setelah sholat Subuh kemudian agar pahala sholatnya tidak berkurang beliau ingin menikah lagi sebelum waktu Dzuhur.

Kemudian beliau juga memberikan amalan-amalan ketika istri sedang hamil diantaranya yaitu :

"Jika seorang istri sedang hamil suami diperintahkan untuk menulis Surah Al-Haqqoh di piring yang berwarna putih (Tanpa motif apapun) menggunakan tinta yang mudah dihapus kemudian setelah istrinya melahirkan barulah piring tersebut dihapus menggunakan air dan bisa juga mencampurnya dengan madu namun lebih utama menggunakan air zamzam (Jika ada) lalu dijadikan minuman pertama sebelum ASI kepada anak yang baru lahir tersebut, faidahnya agar anak tersebut bisa menjadi anak yang faham terhadap agama, fuqaha' (Faham ilmu fiqih) dan menjadi anak yang sholih dan sholihah."

Setelah penutup dan do'a kemudian dilangsungkan dengan pemberian kenang-kenangan oleh Orda Ipsas kepada saudari Nurul Fakhotus Sa'adah.

Acara yang terakhir yaitu penampilan-penampilan yang disajikan oleh Orda Ipsas, dalam penampilan yang bertemakan "Tangis e areh tellas" (Tangisan di hari raya) ini mengandung bawang dari para santri dan masyarakat setempat karena penampilannya yang sangat dipenuhi penghayatan oleh para pemeran dan juga alur cerita yang begitu menarik.

Demikianlah rentetan kegiatan Orda Ipsas Ekstern yang berlangsung dikediaman saudari Nurul Fakhotus Sa'adah, semoga kedua mempelai menjadi keluarga yang sakinah mawaddah dan warohmah. Amin

FOTO DOKUMENTASI








Pewarta : Tim.Media_AswajOfficial

1 komentar: