Asrama PP. Aswaj Putra

Asrama PP. Aswaj Putri

Kaligrafi 1

Kaligrafi 2

Kaligrafi 3

Kaligrafi 4

30 Juni 2023

Lomba Gema Takbir Idhul Adha 1444 H Sebagai Wadah Kreativitas Santri di Pondok Pesantren Aswaj Ambunten Sumenep

AswajNews_Kemeriahan menyambut idhul adha begitu terasa di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep. Sejak tanggal 8 Dzulhijjah 1444 H, para santri telah diajak untuk berpuasa tarwiyah, Arafah, hingga Nahr. Pada malam ke 10 Dzulhijjah 1444 H/28 Juni 2023 Pondok Pesantren Putri Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep mengadakan lomba takbiran dengan mengusung tema " Gema Takbir Eid Adha ".

Lomba gema takbir yang dilaksanakan di depan mushollah putra ini melukis kebahagiaan dan kegembiraan bagi para santri walaupun liburan idul adha ditiadakan namun, para santri sangat terhibur dengan adanya lomba tarbiran tersebut.

Para santri sangat berantusias dalam mengikuti lomba takbir tahun ini, hal ini terlihat dari persiapan mereka yang matang dan penuh semangat, setiap kamar menampilkan bakatnya dengan menggunakan alat musik kekreativannya, tepat pada pukul 19:30 acara dibuka oleh Master Of Ceremony yaitu Ustadzah Arfiyah kemudian acara yang kedua Perayaan Takbiran oleh Pengurus Pondok Pesantren Putri Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep, selanjutnya Sambutan sekaligus Pemotongan Pita sebagai peresmian lomba takbiran oleh Ustadzah Uswatun Hasanah selaku ketua panitia lomba takbiran, Penutup dan Do'a oleh Ustadzah Laylatur Ramdlana

Kemudian Pembacaan Kriteria Lomba Takbir oleh Ustadzah Yuliana, dilanjut acara lomba takbiran langsung dipasrahkan kepada pemandu acara lomba yaitu Ustadzah Kholilatul Latifah. Acara lomba tersebut dihadiri oleh segenap dewan juri yaitu Ustad Sudarisno Pratama, Ustad Hobaidillah dan Ustadzah Maghfiroturrohmah.

Gema takbir ini diadakan bukan hanya untuk hiburan dan kemeriahan semata namun, untuk menjadi wadah bagi para santri untuk menyalurkan bakat yang dimilikinya dan untuk mensyiarkan agama Islam. Acara lomba takbiran ini sudah menjadi agenda tahunan di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep hal ini diungkapkan oleh salah satu panitia lomba "Acara lomba takbiran ini sudah menjadi agenda setiap tahunnya sebagai wadah bagi para santri untuk mensyiarkan budaya dan agama Islam" ucap Ustadzah Raudhatul Hasanah asal Pasongsongan.

Acara lomba takbir ini selain mengumandangkan takbir juga melantunkan sholawat, Ustadzah Maghfiroturrohmah menambahkan " Lewat event seperti ini saya berharap para santri di Pondok Pesantren Aswaj lebih berkreasi serta tertanam dalam diri mereka untuk selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW ".

FOTO DOKUMENTASI











22 Juni 2023

Wisuda Kelas Akhir || KB, TK, MINU, MTs dan MA ASWAJ Ambunten Sumenep

AswajNews- Yayasan Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep menggelar wisuda kelas akhir dari tingkat KB, TK, MINU, MTs dan MA sebagai ungkapan syukur atas nikmat kelulusan dan ketuntasan belajar.

Kegiatan wisuda yang digelar kemarin pada Ahad (18/06/2023) hari itu juga sebagai momentum pengokohan sekaligus bentuk apresiasi pencapaian peserta didik kelas akhir Yayasan Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep di halaman Pondok Pesantren Putra Ahlussunah Waljamaah.

Pada pukul 06:30 acara dimulai dengan penampilan dari grub al-banjari Al-Fatih Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep, kemudian pasukan Paskibraka yang dipimpin oleh saudara Ainur Ravik mempersiapkan barisannya untuk mengiringi para wisudawan dan wisudawati, sekitar 50 M pasukan paskibraka berada dibarisan paling depan yang kemudian disusul oleh semua siswa kelas akhir dari tingkat KB, TK, MINU, MTs dan juga MA Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep.

Tidak ketinggalan, acara Pelepasan kelas akhir tersebut menjadi momen yang ditunggu-tunggu dan menjadi momen yang sangat berkesan bagi para siswa, orang tua dan para guru di Yayasan Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep. Orang tua merasa senang dan bangga melihat anak-anaknya berhasil menyelesaikan pendidikannya, begitu pula para guru juga merasa bangga melihat para siswa yang mereka didik berhasil mencapai titik ini.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu wali murid MA ASWAJ "Saya merasa senang sekali anak saya di wisuda dan semoga ilmu yang diperoleh bisa berguna dan bermanfaat" tutur ibu Amniyatun asal Sepudi.

Selain itu ada acara menarik yang dilakukan pada hari wisuda ini, seperti pemberian piagam penghargaan kepada siswa yang berprestasi dari jenjang KB, TK, MINU, MTs dan MA Ahlussunah Waljamaah. Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh KH. Muh Unais Ali Hisyam selaku ketua Yayasan sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep.

Kemudian tak lupa dengan penyampaian Mau'idzoh Hasanah yang juga menjadi inti acara tersebut dan di dawuhkan langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep yaitu KH. Muh. Unais Ali Hisyam.

Agenda sesi dokumentasi bersama para masyaikh menjadi penutup dalam acara tersebut, dimulai dari semua dewan guru dari semua jenjang hingga para siswa dan siswi Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep.

FOTO DOKUMENTASI






Pewarta : Zulfa/Mar'atus Sholihah


20 Juni 2023

Jam 2 Siang, Karnaval Yayasan Pondok Pesantren Aswaj Ambunten Sumenep Jadikan Lautan Manusia


Karnaval merupakan ajang untuk menunjukkan kreativitas para siswa. selain itu, karnaval juga bisa menjadi wadah syi'ar agama serta memperkenalkan pesantren kepada masyarakat.

Pada Jum'at (16/06/2023) Yayasan Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep mengadakan kegiatan karnaval yang diikuti oleh semua jenjang dari tingkat KB, TK, MI, MTs dan MA.

Ratusan peserta karnaval dalam berbagai busana dan peran memadati jalanan di Dusun Jhungtorok Laok Desa Ambunten Timur Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep. ada yang berbusana adat, polisi, tentara, berbusana santri dan sebagainya.

Selain itu, grub penabuh Drum Band Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama' Ambunten Sumenep (MINU ASWAJ) juga turut memeriahkan acara tersebut. Alvina Firnanda Putri selaku mayoret di grub Drum Band tersebut mengaku senang bisa tampil dalam acara tersebut "Ini bukan pertama kalinya saya tampil di sini tapi tahun ini acaranya jauh lebih meriah dan saya senang" ujar murid kelas 5 MINU Aswaj.

Tidak hanya gemuruh suara Drum Band yang menjadi sorotan para warga di Desa Ambunten Timur itu Musik Tong-tong yang juga ditampilkan oleh para santri yang berada diujung barisan juga tak kalah meriah dengan penampilannya.

Warga sekitar ikut berantusias dengan acara karnaval tersebut sehingga tak jarang beberapa ruas jalan dipenuhi warga yang ingin menyaksikan kemeriahan karnaval tersebut.

FOTO DOKUMENTASI











Pewarta : Aliyatul Himmah/Khoirul Ummah




16 Juni 2023

Pagelaran Pentas Seni KB, TK, MI, MTs dan MA Yayasan Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep


Kamis (15/06/2023)_ Yasasan Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep mengadakan kegiatan pentas seni di halaman Madrasah Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep. 

Kegiatan pentas seni ini sudah menjadi agenda setiap akhir tahunnya untuk meningkatkan kreatifitas sekaligus untuk membangun rasa percaya diri para siswa dan siswi dari jenjang KB, TK, MI, MTs maupun MA.

Pentas seni kali ini bertemakan "Mendidik Siswa yang berprestasi dengan karya nuansa islami kini dan nanti"  dengan menyajikan penampilan-penampilan dari semua jenjang, berbagai penampilan-penampilan yang begitu menghibur menjadi momen yang ditunggu-tunggu sekaligus menjadi kisah yang akan dikenang oleh semua siswa khususnya siswa kelas akhir oleh karenanya, semua siswa ikut berantusias untuk tampil memukau di panggung pentas seni.

Pada pukul 07:30 semua siswa dan siswi berkumpul di halaman madrasah Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah kemudian acara pentas seni dimulai dengan dibuka oleh saudara Wahyu Nurul Hidayat dan Muhammad Alfarisi sebagai Master Of Ceremony pada acara pagi ini.

Acara pentas seni yang dilaksanakan oleh semua jenjang ini berjalan lancar tentunya atas peranan Bapak atau Ibu guru pengajar. Penampilan mereka disaksikan oleh orang tua masing-masing yang terlihat membanggakan. Semua siswa dan siswi bebas untuk menampilkan kekreatifannya. ada beragam tampilan, mulai dari tarian-tarian daerah, dance arabic, pembacaan puisi, pembacaan surah-surah pendek, pembacaan shalawat, pentas drama dan pencak silat.

Salah satu panitia mengungkapkan kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan "Pentas seni ini bukan menjadi pertama kalinya di sini, kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya" ujar Maghfiroturrohmah salah satu panitia dalam acara pentas seni tersebut. 

FOTO DOKUMENTASI






Pewarta : Kholisatul jannah




03 Juni 2023

Kemeriahan Orda Ipsas Ekstern di Acara Walimatul Urs di Desa Soddara Kecamatan Pasongsongan

Kamis, 31/06/2023_Orda Ikatan Pelajar Santri Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep yang lebih dikenal dengan ORDA IPSAS ini kembali menampilkan bakatnya di Desa Soddara Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep.

Kali ini Orda Ipsas tampil dalam acara Walimatul Urs di kediaman saudari Nurul Fakhotus Sa'adah yang merupakan alumni Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep.

Kegiatan Ekstern (diluar) ini bukan lagi merupakan kegiatan perdana bagi organisasi daerah karena, kegiatan ini sudah berlangsung sejak organisasi daerah didirikan. Kegiatan ekstern (diluar) pondok pesantren meliputi Walimatul Urs, Walimatul Hajj, Walimatul Khitan dan acara walimah yang lainnya.

Tepat pukul 19:00 pm pra acara dimulai yang dipasrahkan kepada Al-Banjari Al-Fatih Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep. 

Kemudian dilanjutkan oleh Master Of Ceremony oleh saudari Jisiye sebagai pemimpin roda acara sekaligus membacakan serangkaian acara sebagai berikut :

Acara yang pertama yaitu Pembukaan yang dibuka oleh Ustad Sudarisno Pratama

Selanjutnya Pembacaan Kalam ilahi oleh Ustad Hosis beserta Sari Tilawahnya oleh saudari Siti Naila Sari

Acara yang ke empat Shalawat Nabi yang dibawakan oleh Jam'iyah Hadrah Al-Fatih

Menaiki tangga acara yang ke lima yaitu Sambutan yang disampaikan oleh Ustad Suryadi (Wakil Ketua Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah)

Kemudian dilanjutkan dengan acara Inti yaitu Mau'idzoh Hasanah sekaligus Penutup dan Do'a yang di dawuhkan langsung oleh KH. Muh Unais Ali Hisyam (Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep)

Dalam isi penyampaian Mau'idzoh Hasanah penulis merangkum beberapa dawuh dari beliau yaitu :

Beliau menjelaskan tentang pahala yang dilipat gandakan ketika menikah yaitu :

"Setiap melaksanakan sesuatu yang bernilai ibadah maka pahala orang yang sudah menikah itu dilipat gandakan hingga 70× lipat"

Hal ini pernah dikisahkan oleh seorang ulama' dahulu yaitu Imam Hambali yang istrinya meninggal setelah sholat Subuh kemudian agar pahala sholatnya tidak berkurang beliau ingin menikah lagi sebelum waktu Dzuhur.

Kemudian beliau juga memberikan amalan-amalan ketika istri sedang hamil diantaranya yaitu :

"Jika seorang istri sedang hamil suami diperintahkan untuk menulis Surah Al-Haqqoh di piring yang berwarna putih (Tanpa motif apapun) menggunakan tinta yang mudah dihapus kemudian setelah istrinya melahirkan barulah piring tersebut dihapus menggunakan air dan bisa juga mencampurnya dengan madu namun lebih utama menggunakan air zamzam (Jika ada) lalu dijadikan minuman pertama sebelum ASI kepada anak yang baru lahir tersebut, faidahnya agar anak tersebut bisa menjadi anak yang faham terhadap agama, fuqaha' (Faham ilmu fiqih) dan menjadi anak yang sholih dan sholihah."

Setelah penutup dan do'a kemudian dilangsungkan dengan pemberian kenang-kenangan oleh Orda Ipsas kepada saudari Nurul Fakhotus Sa'adah.

Acara yang terakhir yaitu penampilan-penampilan yang disajikan oleh Orda Ipsas, dalam penampilan yang bertemakan "Tangis e areh tellas" (Tangisan di hari raya) ini mengandung bawang dari para santri dan masyarakat setempat karena penampilannya yang sangat dipenuhi penghayatan oleh para pemeran dan juga alur cerita yang begitu menarik.

Demikianlah rentetan kegiatan Orda Ipsas Ekstern yang berlangsung dikediaman saudari Nurul Fakhotus Sa'adah, semoga kedua mempelai menjadi keluarga yang sakinah mawaddah dan warohmah. Amin

FOTO DOKUMENTASI