07 April 2023

Santri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep Antusias Menyambut Liburan Ramadhan

Jum’at, 07 April 2023, menjadi hari yang sangat istimewa bagi orang tua dan para santri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep. Antusias dan perasaan senang sangat tampak di wajah semua santri dalam menyambut tradisi liburan kali ini, liburan yang dikemas dengan tema “Balik Kampung Halaman” ini biasanya sudah di jadwalkan pada awal bulan ramadhan namun, pada tahun ini para santri diliburkan pada pertengahan bulan ramadhan yaitu pada tanggal 07 April 2023 s/d 06 Mei 2023 (16 Ramadhan 1444 s/d 15 Syawal 1444.

Shalat tarawih dan tadarusan sudah menjadi kegiatan inti di bulan ramadhan, selain kegiatan tersebut di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep juga mengadakan ngaji kitab Hikam karangan Imam Ibnu Atho’illah As-sakandari yang diajarkan langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep yaitu Kh. Muh Unais Ali Hisyam, ngaji kitab Hikam ini hanya berlangsung satu tahun sekali pada bulan ramadhan yang tidak hanya di khususkan untuk para santri saja akan tetapi alumni juga mengikuti ngaji kitab tersebut.

Kh. Muh Unais ali hisyam dalam keterangannya beliau menjelaskan bahwa salah satu faidah dari kitab hikam tersebut adalah :

مَنْ شَغَلَهُ ذِكرِىْ عَنْ مَسْئَلَتِى أَعْطَيْتُهُ اَفْضَلُ مَا اُعْطِيَ اَلسَّائِلِيْنَ

“Barang siapa yang menyibukkan dirinya dengan berdzikir sehingga orang tersebut tidak ada waktu (tidak sempat) untuk berdo’a (meminta) kepada Allah SWT maka Allah SWT akan memberikan sesuatu yang paling baik melebihi orang lain yang meminta kepada Allah SWT”.

Segudang rindu yang selama ini menggebu akhirnya terjawab, para wali santri mulai berdatangan dari  jam 08:00 untuk menjemput putra putrinya di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep. Diawali dengan sowan kepada pengasuh yaitu Kh. Muh Unais Ali Hisyam beserta Nyai Hj. Shofiyah Zubaidi kemudian para santri mengambil surat liburan kepada pengurus Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep



Pewarta : Tim_Media AswajOfficial

0 Komentar:

Posting Komentar