26 April 2023

Pasca Lebaran, Orda Ipsas ( Ikatan Pelajar Santri Ahlussunnah Waljamaah ) Gelar Halal Bihalal Bersama Masyaikh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep

KH. Nauval Ali Hisyam Membuka Acara Halal Bihalal dan KH. Abdul Adzim Ali Hisyam Melantunkan Shalawat Nabi


KH. Muh. Unais Ali Hisyam Menyampaikan Mau'idzoh Hasanah dan KH. Muh. Uwais Ali Hisyam Membacakan Doa


AswajNews-Masih diliputi suasana hari raya Idhul Fitri 1444 H, Orda Ikatan Pelajar Santri Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep ( Ipsas ) menyelenggarakan kegiatan halal bihalal pada Selasa, 25 April 2023 M/04 Syawal 1444 H.

Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat Islam Indonesia. Tradisi ini biasa dilakukan pasca lebaran, tepatnya di bulan Syawal. Orda Ikatan Pelajar Santri Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep menggelar acara halal bihalal di Dusun. Duwa’ Butir Desa. Batukerbuy Kecamatan. Pasean Kabupaten Pamekasan.

Halal bihalal ini bertujuan untuk menjalin silaturrahmi dengan saling memaafkan,  Kegiatan yang diselenggarakan oleh Orda Ipsas ini sudah menjalani tahun kedua yang sebelumnya pernah diadakan di daerah Pasongsongan Kabupaten Sumenep, Halal bihalal ini dihadiri oleh seluruh anggota Orda Ipsas, Jajaran Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah, beserta segenap Alumni Orda Ipsas.

Sebelum acara dimulai dibuka oleh Al-banjari Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep, kemudian pembukaan acara halal bihalal ini dibuka oleh KH. Nauval Ali Hisyam, selanjutnya pembacaan Shalawat Nabi oleh KH. Abdul Adzim Ali Hisyam bersama Jam'iyah Hadrah Al-Fatih Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah, dan acara yang ke empat yaitu acara inti yaitu Mau'idzoh Hasanah yang didawuhkan oleh KH. Muh. Unais Ali Hisyam.

KH. Muh Unais Ali Hisyam selaku Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep sekaligus penceramah pada acara siang hari ini beliau menyampaikan terkait dengan makna halal bihalal bahwa :

" Halal bihalal bertujuan untuk silaturrahim dan bermaaf-maafan mungkin di masalalu pernah berbuat salah, semisal dulu di pesantren pernah mengambil barang milik temannya karna temannya bakhil (pelit), dalil bakhil :

البخيل قريب من النار بعيد من الجنة

" Orang yang bakhil (pelit) dekat dengan neraka dan jauh dari surga "

Maka, prilaku tersebut harus ditebus atau perlunya meminta maaf, mungkin karna tidak sempat di pesantren maka, di kesempatan halal bihalal ini ketika sudah jadi alumni kita bisa saling meminta maaf sekaligus untuk menyambung rasa dan berdo'a bersama kepada teman dan para guru baik yang masih hidup atau yang sudah wafat dengan cara mengirim Al-Fatihah, tahlil bersama, membaca surah Yaasin ".

Kemudian beliau juga menyampaikan tentang faidah kalimat لا اله الا الله محمد رسول الله

"Kalimat لا اله الا الله محمد رسول الله jika ditimbang dengan langit dan bumi maka, hasilnya masih berat kalimat tersebut, maka dari itu jika terdapat dalam hati seseorang kalimat tersebut maka,orang itu pasti masuk surga".


Alhamdulillah acara tersebut berjalan dengan khidmat dan lancar, demikianlah rangkaian acara halal bihalal pada siang hari ini yang kemudian ditutup dengan pembacaan do’a oleh KH. Muh. Uwais Ali Hisyam, kemudian sowan kepada para Masyaikh juga menjadi agenda yang terakhir dan semoga semuanya diberikan kesehatan agar kedepannya terus bisa melangsungkan acara halal bihalal secara rutin tahunan Amin.

 

FOTO DOKUMENTASI







Pewarta : Kholisatul Jannah/Khoirul Ummah

0 Komentar:

Posting Komentar