Asrama PP. Aswaj Putra

Asrama PP. Aswaj Putri

Kaligrafi 1

Kaligrafi 2

Kaligrafi 3

Kaligrafi 4

29 April 2023

Pengajian Umum dalam Rangka Haul Masyaikh PP. Aswaj Ambunten Sumenep Oleh Orda IKSAADI (Ikatan Santri dan Alumni Ahlussunnah Waljamaah Sapudi)

       Sapudi_ Pengajian Umum dalam rangka Haul Masyaikh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep yang di selenggarakan oleh Orda IKSAADI (Ikatan Santri Dan Alumni Ahlussunnah Waljamaah) berlangsung di Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep, pada tanggal 06 Syawal 1444 H/27 April 2023 M.

              Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah berlangsung sekitar tahun 2006, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi dan untuk tetap tersambung dengan Masyaikh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep

           Hadir di tengah-tengah ratusan masyarakat Sapudi Masyaikh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep yaitu KH. Muh Unais Ali Hisyam, KH. Abdul Adzim Ali Hisyam, KH. Nauval Ali Hisyam, serta tokoh agama dan masyarakat setempat.

              Berlangsung sejak Selasa siang (25/04/2023) yang dibuka oleh berbagai macam perlombaan di antaranya yaitu lomba tartilul qur’an, lomba pidato, lomba hadrah dll. Lomba tersebut merupakan lomba umum yang diikuti oleh semua wilayah di Sapudi.

                Untuk mengikuti kegiatan tersebut tentunya masyarakat Sapudi sangat berantusias dengan semangat yang menyala, perlombaan tersebut tentunya mempunyai ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi oleh pesertanya, diantaranya untuk lomba Tartilul Qur’an dan lomba Pidato harus diikuti oleh anak berusia 12 tahun kebawah perlombaan tersebut tidak boleh diikuti oleh santri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep itu sendiri.

                Tidak terlepas dari acara tersebut setelah perlombaan itu selesai Orda IKSAADI juga mengadakan santunan anak yatim, kemudian pada Malam Kamis (26/03/2023) merupakan malam puncak acara yaitu diisi oleh Pengajian Umum sekaligus Haul Masyaikh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep yang di dawuhkan langsung oleh KH. Muh. Unais Ali Hisyam selaku Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep dan di malam puncak itu juga pemberian hadiah bagi para pemenang lomba yang diberikan langsung oleh yang mulia KH. Muh Unais Ali Hisyam.

                Begitulah kiranya agenda acara Orda IKSAADI (Ikatan Santri dan Alumni Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Sapudi) yang ditutup oleh do’a dan harapan semoga kedepannya bisa mengadakan acara tahunan dengan meriah dan semangat lagi.

FOTO DOKUMENTASI









26 April 2023

Pasca Lebaran, Orda Ipsas ( Ikatan Pelajar Santri Ahlussunnah Waljamaah ) Gelar Halal Bihalal Bersama Masyaikh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep

KH. Nauval Ali Hisyam Membuka Acara Halal Bihalal dan KH. Abdul Adzim Ali Hisyam Melantunkan Shalawat Nabi


KH. Muh. Unais Ali Hisyam Menyampaikan Mau'idzoh Hasanah dan KH. Muh. Uwais Ali Hisyam Membacakan Doa


AswajNews-Masih diliputi suasana hari raya Idhul Fitri 1444 H, Orda Ikatan Pelajar Santri Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep ( Ipsas ) menyelenggarakan kegiatan halal bihalal pada Selasa, 25 April 2023 M/04 Syawal 1444 H.

Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat Islam Indonesia. Tradisi ini biasa dilakukan pasca lebaran, tepatnya di bulan Syawal. Orda Ikatan Pelajar Santri Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep menggelar acara halal bihalal di Dusun. Duwa’ Butir Desa. Batukerbuy Kecamatan. Pasean Kabupaten Pamekasan.

Halal bihalal ini bertujuan untuk menjalin silaturrahmi dengan saling memaafkan,  Kegiatan yang diselenggarakan oleh Orda Ipsas ini sudah menjalani tahun kedua yang sebelumnya pernah diadakan di daerah Pasongsongan Kabupaten Sumenep, Halal bihalal ini dihadiri oleh seluruh anggota Orda Ipsas, Jajaran Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah, beserta segenap Alumni Orda Ipsas.

Sebelum acara dimulai dibuka oleh Al-banjari Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep, kemudian pembukaan acara halal bihalal ini dibuka oleh KH. Nauval Ali Hisyam, selanjutnya pembacaan Shalawat Nabi oleh KH. Abdul Adzim Ali Hisyam bersama Jam'iyah Hadrah Al-Fatih Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah, dan acara yang ke empat yaitu acara inti yaitu Mau'idzoh Hasanah yang didawuhkan oleh KH. Muh. Unais Ali Hisyam.

KH. Muh Unais Ali Hisyam selaku Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep sekaligus penceramah pada acara siang hari ini beliau menyampaikan terkait dengan makna halal bihalal bahwa :

" Halal bihalal bertujuan untuk silaturrahim dan bermaaf-maafan mungkin di masalalu pernah berbuat salah, semisal dulu di pesantren pernah mengambil barang milik temannya karna temannya bakhil (pelit), dalil bakhil :

البخيل قريب من النار بعيد من الجنة

" Orang yang bakhil (pelit) dekat dengan neraka dan jauh dari surga "

Maka, prilaku tersebut harus ditebus atau perlunya meminta maaf, mungkin karna tidak sempat di pesantren maka, di kesempatan halal bihalal ini ketika sudah jadi alumni kita bisa saling meminta maaf sekaligus untuk menyambung rasa dan berdo'a bersama kepada teman dan para guru baik yang masih hidup atau yang sudah wafat dengan cara mengirim Al-Fatihah, tahlil bersama, membaca surah Yaasin ".

Kemudian beliau juga menyampaikan tentang faidah kalimat لا اله الا الله محمد رسول الله

"Kalimat لا اله الا الله محمد رسول الله jika ditimbang dengan langit dan bumi maka, hasilnya masih berat kalimat tersebut, maka dari itu jika terdapat dalam hati seseorang kalimat tersebut maka,orang itu pasti masuk surga".


Alhamdulillah acara tersebut berjalan dengan khidmat dan lancar, demikianlah rangkaian acara halal bihalal pada siang hari ini yang kemudian ditutup dengan pembacaan do’a oleh KH. Muh. Uwais Ali Hisyam, kemudian sowan kepada para Masyaikh juga menjadi agenda yang terakhir dan semoga semuanya diberikan kesehatan agar kedepannya terus bisa melangsungkan acara halal bihalal secara rutin tahunan Amin.

 

FOTO DOKUMENTASI







21 April 2023

Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1444 H / 22 April 2023 - Eid Mubarak!

 🙏 تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ 🙏

“ Semoga Allah SWT menerima (amal ibadah ramadhan) kami dan kamu “

    Hari raya idhul fitri menjadi momen yang sangat bahagia bagi seluruh umat islam, karena setelah melaksanakan puasa selama satu bulan penuh seluruh umat islam merayakan hari kemenangan melawan hawa nafsu.

Makna hari raya idhul fitri

    Hari raya Idhul fitri berarti kembalinya seseorang kepada keadaan suci atau keterbebasan dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, dan keburukan sehingga berada dalam kesucian atau fitrah.

    Namun yang paling utama inti dari kata lebaran ialah peningkatan kualitas ibadah, saling memaafkan antar sesama dan menyambung silaturrahmi yang kerap tersendat kehidupan dunia, serta tetap berusaha memperbaiki diri dan mengajak manusia lain pada kebaikan yang haq, yakni menjadi muslim yang sesungguhnya.

    Suasana hari raya Idhul fitri mampu menumbuhkan dan menguatkan nilai persatuan dan persaudaraan. Lebih-lebih nilai persatuan dan persaudaraan tersebut diikat dengan kesamaan agama dan hubungan keluarga.

❤ Berikut ini amalan sunnah yang dilakukan pada hari raya idhul fitri yaitu :

1.    Melaksanakan Shalat id

2.   Mandi

نَوَيْتُ غُسْلَ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالَى  

Artinya, “Aku berniat mandi Idul fitri, sunnah karena Allah”. 

3.   ✅Menghidupkan malam idhul fitri dengan beribadah

4.    Perbanyak membaca takbir

5.    Makan sebelum berangkat shalat id

6.    Membedakan rute pulang-pergi shalat id

7.   ✅Berhias

8.    Mengucapkan selamat


07 April 2023

Santri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep Antusias Menyambut Liburan Ramadhan

Jum’at, 07 April 2023, menjadi hari yang sangat istimewa bagi orang tua dan para santri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep. Antusias dan perasaan senang sangat tampak di wajah semua santri dalam menyambut tradisi liburan kali ini, liburan yang dikemas dengan tema “Balik Kampung Halaman” ini biasanya sudah di jadwalkan pada awal bulan ramadhan namun, pada tahun ini para santri diliburkan pada pertengahan bulan ramadhan yaitu pada tanggal 07 April 2023 s/d 06 Mei 2023 (16 Ramadhan 1444 s/d 15 Syawal 1444.

Shalat tarawih dan tadarusan sudah menjadi kegiatan inti di bulan ramadhan, selain kegiatan tersebut di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep juga mengadakan ngaji kitab Hikam karangan Imam Ibnu Atho’illah As-sakandari yang diajarkan langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep yaitu Kh. Muh Unais Ali Hisyam, ngaji kitab Hikam ini hanya berlangsung satu tahun sekali pada bulan ramadhan yang tidak hanya di khususkan untuk para santri saja akan tetapi alumni juga mengikuti ngaji kitab tersebut.

Kh. Muh Unais ali hisyam dalam keterangannya beliau menjelaskan bahwa salah satu faidah dari kitab hikam tersebut adalah :

مَنْ شَغَلَهُ ذِكرِىْ عَنْ مَسْئَلَتِى أَعْطَيْتُهُ اَفْضَلُ مَا اُعْطِيَ اَلسَّائِلِيْنَ

“Barang siapa yang menyibukkan dirinya dengan berdzikir sehingga orang tersebut tidak ada waktu (tidak sempat) untuk berdo’a (meminta) kepada Allah SWT maka Allah SWT akan memberikan sesuatu yang paling baik melebihi orang lain yang meminta kepada Allah SWT”.

Segudang rindu yang selama ini menggebu akhirnya terjawab, para wali santri mulai berdatangan dari  jam 08:00 untuk menjemput putra putrinya di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep. Diawali dengan sowan kepada pengasuh yaitu Kh. Muh Unais Ali Hisyam beserta Nyai Hj. Shofiyah Zubaidi kemudian para santri mengambil surat liburan kepada pengurus Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep



Malam Perpisahan Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep

Pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep


Aswaj.News- Kamis ( 06/04/23 ) Menjadi malam perpisahan santri putra dan santri putri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep. Acara yang di adakan di halaman mushallah pondok putra ini dihadiri oleh semua santri dan juga segenap ustad dan ustadzah yang berperan dalam mensukseskan acara pada malam hari ini.

Berbuka bersama di halaman mushollah pondok putra juga menjadi agenda malam perpisahan di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep dengan menu takjil yang begitu sederhana akan tetapi para santri begitu senang dan tampak mengukir senyum di wajahnya, kemudian sesudah melaksanakan shalat tarawih acara malam perpisahan dilangsungkan.

Kemudian Kh. Muh Unais Ali Hisyam selaku pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep memberikan serangkaian motivasi bagi semua santri baik santri putra dan santri putri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Suemep.

Dalam kutipan dawuhnya beliau menyampaikan bahwa “ Semoga dengan adanya pondok ramadhan/kajian ramadhan kita dapat memperoleh hikmah yang terkandung dalam kitab Al-Hikam, karena barang siapa yang pernah mengaji/belajar kitab Al-Hikam maka ia tidak akan meninggal kecuali ia telah merasakan ma’rifat billah ”. Beliau juga menyampaikan “ Ketika seseorang mampu menjaga shalat subuhnya maka ia akan mampu untuk menjaga shalat yang lima waktu, ketika shalat yang lima waktu sudah terjaga niscaya semua amal pekerjaan dalam hidupnya akan baik/benar “.

Kemudian diakhir dawuhnya beliau berpesan kepada seluruh santri agar apa yang menjadi kebiasaan di pesantren dapat juga diterapkan ketika sudah pulang ke kampung halamannya masing-masing. Begitulah singkatnya pencerahan yang dapat kami paparkan.