22 Maret 2023

Marhaban Ya Ramadhan

    

            Bulan ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender hijriyah, berpuasa di bulan ramadhan  merupakan salah satu rukun islam yang wajib di lakukan oleh seluruh umat islam, pada bulan ramadhan semua umat islam di seluruh penjuru dunia berlomba-lomba dalam memperbanyak melakukan kebaikan karena seluruh amal perbuatan kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Sebelum itu mari kita bersama-sama simak Apa Itu Ramadhan? 

    رمضان berasal dari kata يرمض yang berarti membakar dan menghapus. Suatu bulan kebahagiaan jika seseorang mampu menjalankan bulan ramadhan dengan sungguh-sungguh dan sebab itulah dia telah sukses menjalankan semua bulan dalam setahun.

Ramadhan adalah bulan yang mulia, merupakan kesempatan emas untuk umat Rasulullah SAW dalam mengumpulkan banyak pahala, dimana pada bulan itu terdapat malam lailatul qadar satu malam yang lebih baik dari seribu bulan sebagaimana hal itu telah di jelaskan dalam al-qur’an.

Adapun niat berpuasa pada bulan ramadhan sebagai berikut :

نويت صوم غد عن اداء فرض الشّهر رمضان هده السّنة فرضا لله تعالى

Artinya : “Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan ramadhan tahun ini, karena Allah ta’ala”

        Berikut ini keutamaan orang yang berpuasa sebagaimana Rasulullah SAW  bersabda dalam riwayat Imam Baihaki :

نوم الصّائم عبادة وصمته تسبيح وعمله مضاغف ودعاؤه مستجاب ودنبه مغفور

Artinya : “Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amal ibadahnya dilipat gandakan, permohonannya di kabulkan, dan dosanya di ampuni”.

Diantara ibadah yang dianjurkan pada bulan ramadhan yaitu :

Puasa 

            Puasa di bulan ramadhan hukumnya wajib bagi muslim yang baligh, berakal, mukim, dan mampu menjalankan puasa. Puasa adalah menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa disertai dengan niat dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari dan pahala puasa tidak akan sempurna kecuali jika seseorang meninggalkan kemaksiatan.

Rasullah SAW bersabda :

الصّوم جنّة فاءذا كان احدكم صاءما فلا يرفث ولا يجهل وان امرؤ قاتله او شاتمه فليقل انى صائم

Artinya : “Puasa adalah benteng, maka apabila salah satu dari kalian berpuasa maka janganlah berkata kotor dan jangan melakukan suatu kebodohan. Jika ada seseorang yang mengajaknya bertengkar atau mencacinya maka hendaknya dia berkata aku sedang berpuasa”.

Dan ada 5 hal yang dapat mengurangi pahala puasa yaitu : bohong, ghibah, namimah, sumpah palsu, dan memandang dengan syahwat.

Menghidupkan malam-malam ramadhan

            Selain berpuasa, kita juga dianjurkan untuk menghidupkan malam dibulan ramadhan. Menghidupkan malam ramadhan bisa dilakukan dengan ibadah, sholat sunnah, menghadiri majelis ta’lim, serta membaca  alqur’an. Rasulullah SAW bersabda: ”Allah SWT telah mewajibkan puasa ramadhan dan sunnah menghidupkan puasanya, barang siapa berpuasa dan menghidupkannya dengan amal ibadah karena iman dan mengharap pahala serta ridho Allah SWT dengan keyakinan, maka hal itu akan menghapus semua dosa yang telah dilakukan”.

            Dalam hadist lain Nabi Muhammad SAW bersabda :

من صلى العشاء بجماعة فكأنّما قام نصف ليلة ومن صلى الصبح في جماعة فكأنّما صلى الّليل كلّه

 Artinya : “Barang siapa yang shalat isya’ berjamaah maka seakan-akan dia telah shalat selama setengah malam. Dan barang siapa yang shalat subuh berjamaah maka seakan-akan dia telah shalat malam semalam suntuk”.

Seseorang yang melaksanakan shalat tarawihdengan tenang dan pelan maka hal itu akan menambahkan pahala karena semakin lelah seseorang dalam beramal maka semakin benyak pula pehalanya, sebagaimana telah dikatakan Rasulullah SAW untuk sayyidah Aisyah :

أجرك على قدر نصبك

Artinya : “Pahalamu sesuai dengan usahamu”.


 Pewarta : Aliyatul Himmah/Khoirul Ummah

0 Komentar:

Posting Komentar