28 November 2022

Mengasah Potensi Santri Melalui Organiasasi Daerah (Orda) di Pondok Pesantren Aswaj Ambunten Sumenep

Salah satu program peningkatan potensi santri di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep adalah kegiatan organisasi daerah, terdapat dua orda di Pondok Pesantren Aswaj yaitu Ikatan Pelajar Santri Ahlussunnah Waljamaah (IPSAS) dan Organisasi Pelajar Islam Ahlussunnah Waljamaah (OPIA).

Kegiatan rutinan kedua organisasi daerah (Orda) tersebut diadakan setiap satu minggu sekali dan salah satu hal uniknya adalah kegiatan kedua orda ini mereka saling membagi waktu, ketika jum’at petama diisi oleh orda IPSAS maka jum’at yang akan datang orda OPIA yang bertempat di gedung aula madrasah Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah.

Ikatan Pelajar Santri Ahlussunnah Waljamaah yang di sebut dengan IPSAS ini merupakan organisasi daerah pertama yang ada di Pondok Pesantren Ahlussunah Waljamaah Ambunten Sumenep yang sebelumnya diberi nama IPAPAS di didirikan langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah yaitu KH. Muh Unais Ali Hisyam pada tahun 1986 sedangkan anggota IPAPAS mencakup daerah bagian barat dari pesantren yaitu daerah Ambunten, Pasongsongan, Pasean, Masalembu dan dua tahun kemudian sekitar tahun 1988 IPAPAS berubah nama menjadi IPSAS.

Sedangkan organisasi daerah yang berada di bagian timur dari pesantren yaitu daerah Dasuk, Rubaru, Batu putih, Manding, Batang-batang, dan Sapudi dikenal dengan nama Organisasi Pelajar Islam Ahlussunnah Waljamaah (OPIA), organisasi OPIA merupakan organisasi ke dua di Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah yang lahir pada tahun 1988.

Terkait dengan kegiatan pelatihan potensi santri di kedua orda tersebut antara lain yaitu pelatihan Master Of Ceremony (MC), Qiro’at, banjari, Khitobah, Baca Kitab kuning, Tartilul qur’an dan Puisi, yang bertujuan untuk melatih atau mengasah kemampuan para santri kegiatan ini juga dilibatkan dalam menegakkan kedisiplinan santri dalam berorganisasi.

Sedangkan untuk agenda acara tahunan biasanya kedua organisasi daerah tersebut mengadakan acara gabungan seperti acara halal bi halal, seminar,  peringatan hari besar islam seperti halnya maulid nabi, isra' mi'raj dan lain-lain. Hal ini tentu tidak akan luput dari peran semua pengurus orda baik OPIA ataupun IPSAS yang ikut andil dalam mensukseskan dan memeriahkan acara tersebut.

 

 




Pewarta : Khoirul ummah dan Zulfa

0 Komentar:

Posting Komentar