24 Oktober 2022

Semarak Upacara Hari Santri PP Aswaj Ambunten Sumenep











Pada hari Sabtu (22/10/22) bertepatan dengan Hari Santri Nasional, atas arahan bapak pimpinan, tidak kurang dari 200 Santri PP Aswaj berkumpul di Halaman Pondok Pesantren Aswaj Putra untuk melaksanakan Upacara Hari Santri Nasional. Kegiatan rutin ini juga dihadiri oleh semua siswa dan siswi dari jenjang MI, MTS maupun MA .

Persiapan upacara ini relatif singkat, akan tetapi tidak mengurangi kehidmatan dan kelancaran acara. Para Santri berbaris Rapi di halaman Pondok Pesantren Putra, dipimpin Oleh Pemimpin Upacara yang di pimpin langsung Oleh saudara Muh Kholiq Fadholi santri Aswaj asal Pasean Pamekasan. bertindak sebagai inspektur Upacara, Bapak pimpinan Pondok Pesantren Aswaj, KH. Muh Unais Ali Hisyam M.Pd. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Aswaj Putra dengan gagah dan serempak memasuki lapangan Upacara untuk mengibarkan duplikat sang saka Merah Putih diiringi oleh Paduan Suara Indonesia Raya yang dibawakan oleh Santriwati PP Putri Aswaj. Upacara ini dilaksanakan untuk mengenang jasa-jasa para Ulama dan Santri terdahulu yang telah berjuang ikut mengangkat senjata dengan semangat jihad untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Dalam Upacara, bapak pimpinan menyampaikan tentang Fatwa Jihad yang kami tulis dan disingkat sedemikian rupa yaitu "jika mau menjadi orang besar, maka harus mau dididik oleh orang besar" kemudian beliau berpesan "bahwa hari ini anda semua adalah anak-anak tapi sepuluh tahun lagi anda yang akan menjadi pemimpin, maka persiapkanlah diri dan mental anda untuk menjadi pemimpin". kira kira seperti itu penyampaian amanat dari beliau.

Hari Santri Nasional 2022 bertemakan "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan" yang berartikan : Berdaya menjaga martabat kemanusiaan bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. 

Setelah upacara berjalan dengan lancar, kemudian akan dilanjutkan dengan penutupan yang akan kami tampilkan beberapa santriwan dan santriwati yang bertugas dalam memperlancar acara tersebut sebagai berikut :

Protokol yang dibawakan oleh saudari Faizatul Maulidia asal Pasean Pamekasan, kemudian dilanjut dengan pembacaan Pembukaan UUD yang dibacakan oleh saudari Arfiyah asal Sepudi Sumenep, lanjut dengan pembacaan Teks Resolusi Jihad yang di bacakan oleh saudara Wahyu Nurul Hidayat asal Rubaru Sumenep dan pembacaan Ikrar Santri yang di bacakan oleh saudari Diana asal Pasongsongan Sumenep, dan diikuti oleh semua santri, sedangkan pembacaan Teks Pancasila di bacakan langsung oleh KH. Muh Unais Ali Hisyam, dan yang terakhir pembacaan doa yang dibacakan oleh saudara Helmi ardabili asal Dasuk Sumenep. 

Pewarta : Uyung/Cholish

6 komentar:

  1. Berdaya menjaga martabat kemanusiaan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Barokallah

    BalasHapus
  4. alhamdulillah.. barokallah para santri

    BalasHapus
  5. Santri harus bisa segalanya ❤️aswaj keren ,ayo lebih kreatif lagi aswaj

    BalasHapus