Asrama PP. Aswaj Putra

Asrama PP. Aswaj Putri

Kaligrafi 1

Kaligrafi 2

Kaligrafi 3

Kaligrafi 4

25 Oktober 2022

Festival Santri Dalam Rangka Hari Santri

 






Dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional tahun 2022, Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep kembali menggelar Festival Pesantren.

Festival tahunan yang memang sudah aktif selama 2 tahun ini sama halnya dengan Bazar yang di gagaskan oleh Ning Khodijatal Fayha dengan besar harapan kedepannya akan menjadi rutinitas Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah yang kemudian dibuka langsung oleh KH. Muh Unais Ali Hisyam pada  saat upacara hari santri pada pagi hari sebelumnya tepatnya di Aswaj Ambunten. hal ini sangat memicu banyak pihak sebab melaksanakan Upacara Hari Santri sampai pada malam Festival Hari santri mengajarkan kita betapa sangat berperan dalam hidup kita sosok para Ulama yang memperjuangkan kemerdekaan hingga sampai saat ini kita dapat melaksanaan upacara Hari Santri kemudian dilanjutkan malam Festival.

Tidak hanya itu, Psantren ahlussunnah Waljamaah ini juga merangkap acara tersebut dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, sebab bertepatan dengan bulan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dalam sambutannya KH. Muh Unais Ali Hisyam sekaligus sebagai Pengasuh Pondok Ahlussunnah Waljamaah salah satunya yaitu berisikan "mutiara akan tetap menjadi mutiara walaupun mutiara tersebut berada di tempat yang kotor sekalipun", hal itu mengajarkan kita semua sebagai manusia ciptaan tuhan agar selalu menanamkan dalam diri kita menjadi berharga walaupun berada di tempat manapun". kemudian dilanjutkan dengan beberapa hiburan yang disuguhkan oleh Para Santri, namun hiburan bukan asal hiburan akan tetapi batasan akan selalu diterapkan dalam diri santri.

Tidak lupa acara festival dihadiri beberapa keluarga Pengasuh salah satunya yaitu KH. Abdul Adzim Ali Hisyam kemudian KH. Uwais Ali Hisyam dan juga Nyai Hj Sofiah Zubaidi beserta Putrinya yaitu Ning Khodijatal Fayha yang juga ikut memeriahkan acara malam puncak tersebut.

Pewarta : Uyung/Cholish 










Bazar Produk Hasil Kreativitas Santri Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah Ambunten Sumenep

 





Menyambut Hari Santri Nasional 23/10/22, Pondok Pesantren Aswaj Ambunten Sumenep memamerkan hasil kreatifitas para santri di depan gedung Madrasah pesantren, kegiatan ini sudah menjalani tahun ke dua setelah gagasan dari Ning Khodijatal Fayha putri dari pengasuh Pondok Pesantren Aswaj yaitu KH. Moh Unais Ali Hisyam, guna menambah sistem kreatifitas dan seni serta kemampuan para santri.

Hal ini di ikuti oleh santri putra dan santri putri yang ikut andil dalam memeriahkan bazar tersebut, tidak hanya itu bazar sederhana ini banyak mendapat apresiasi dari beberapa masyarakat di sekitar sekaligus membantu membeli produk dan makanan hasil karya para santri dimulai dari produksi makanan, produk, camilan beserta varian minuman hasil racikan sendiri.

Bazar dimulai dari jam 07:30 s/d 12:00 kemudian bazar tersebut di hadiri langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah yaitu KH. Moh Unais Ali Hisyam beserta Ning Khodijatal Fayha, tak hanya itu beliau beserta putrinya mencicipi langsung hasil karya para santri, kemudian apresiasi tidak hanya  didapatkan dari beberapa masyarakat bahkan mereka mendapatkannya dari para guru dimulai dari jenjang MI, MTs maupun MA, dan apresiasi tersebut membuat semangat para santri untuk semakin berkarya kedepannya.

Semoga kedepan acara-acara seperti ini bisa menjadi acara rutinan setiap tahun tanpa adanya kendala dan besar harapan kami para santri acara ini akan selalu meriah dan banyak mendapat apresiasi dari berbagai kalangan Masyarakat terdekat, sebab dengan banyak apresiasi, para santri dapat menumbuhkan semangat dan kreatifitas santri.
 
Pewarta : Uyung/Cholish



Pengurus Pondok Aswaj Putri bersama Ning Khodijatal Fayha





 




24 Oktober 2022

Semarak Upacara Hari Santri PP Aswaj Ambunten Sumenep











Pada hari Sabtu (22/10/22) bertepatan dengan Hari Santri Nasional, atas arahan bapak pimpinan, tidak kurang dari 200 Santri PP Aswaj berkumpul di Halaman Pondok Pesantren Aswaj Putra untuk melaksanakan Upacara Hari Santri Nasional. Kegiatan rutin ini juga dihadiri oleh semua siswa dan siswi dari jenjang MI, MTS maupun MA .

Persiapan upacara ini relatif singkat, akan tetapi tidak mengurangi kehidmatan dan kelancaran acara. Para Santri berbaris Rapi di halaman Pondok Pesantren Putra, dipimpin Oleh Pemimpin Upacara yang di pimpin langsung Oleh saudara Muh Kholiq Fadholi santri Aswaj asal Pasean Pamekasan. bertindak sebagai inspektur Upacara, Bapak pimpinan Pondok Pesantren Aswaj, KH. Muh Unais Ali Hisyam M.Pd. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Aswaj Putra dengan gagah dan serempak memasuki lapangan Upacara untuk mengibarkan duplikat sang saka Merah Putih diiringi oleh Paduan Suara Indonesia Raya yang dibawakan oleh Santriwati PP Putri Aswaj. Upacara ini dilaksanakan untuk mengenang jasa-jasa para Ulama dan Santri terdahulu yang telah berjuang ikut mengangkat senjata dengan semangat jihad untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Dalam Upacara, bapak pimpinan menyampaikan tentang Fatwa Jihad yang kami tulis dan disingkat sedemikian rupa yaitu "jika mau menjadi orang besar, maka harus mau dididik oleh orang besar" kemudian beliau berpesan "bahwa hari ini anda semua adalah anak-anak tapi sepuluh tahun lagi anda yang akan menjadi pemimpin, maka persiapkanlah diri dan mental anda untuk menjadi pemimpin". kira kira seperti itu penyampaian amanat dari beliau.

Hari Santri Nasional 2022 bertemakan "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan" yang berartikan : Berdaya menjaga martabat kemanusiaan bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. 

Setelah upacara berjalan dengan lancar, kemudian akan dilanjutkan dengan penutupan yang akan kami tampilkan beberapa santriwan dan santriwati yang bertugas dalam memperlancar acara tersebut sebagai berikut :

Protokol yang dibawakan oleh saudari Faizatul Maulidia asal Pasean Pamekasan, kemudian dilanjut dengan pembacaan Pembukaan UUD yang dibacakan oleh saudari Arfiyah asal Sepudi Sumenep, lanjut dengan pembacaan Teks Resolusi Jihad yang di bacakan oleh saudara Wahyu Nurul Hidayat asal Rubaru Sumenep dan pembacaan Ikrar Santri yang di bacakan oleh saudari Diana asal Pasongsongan Sumenep, dan diikuti oleh semua santri, sedangkan pembacaan Teks Pancasila di bacakan langsung oleh KH. Muh Unais Ali Hisyam, dan yang terakhir pembacaan doa yang dibacakan oleh saudara Helmi ardabili asal Dasuk Sumenep. 

Pewarta : Uyung/Cholish